Perkembangan Hijab dan Busana Muslim

Dulu muslimah yang menggunakan kerudung disebut kolot dan ekstrimis hal itu karena gaya berpakaian zaman itu tidak asik di pandang dan terlihat ketinggalan jaman. Beda dengan sekarang dengan perubahan zaman yang juga makin berkembang, model hijab juga turut ikut menjadi berganti dengan cepat dan pesat. Sekarang muslimah bisa berganti-ganti model kerudung atau hijab yang pas dengan keinginannnya dan pas dengan berubahnya zaman. Perempuan muslimah yang memakai jilbab atau berhijab kini mungkin akan makin kelihatan gaya dalam berbusana dan semakin cantik dengan gamis atau hijabnya sebab sekarang model jilbab yang dapat di pilih makin bermacam-macam, dari yang sangat simple sampai yang super modis dengan metode penggunaan yang ribet ala tabib akupuntur karena pake jarum juga ada.

Dalam Islam jilbab atau kerudung merupakan sarana untuk menjaga aurat wanita muslimah agar mereka terlindungi dari bahaya, sebagaimana yang gamblang dijelaskan di Al Quran. Dahulu kala, budaya pemakaian jilbab masih terpengaruh oleh corak budaya masing-masing.

Indonesia memang anomali. Walaupun yang menganut Islam mayoritas tapi muslim Indonesia masih ada yang alergi kalau disuruh pakai jilbab kecuali ibu-ibu majelis taklim. Hal tersebut karena mungkin buat mereka menggunakan jilbab dianggap masih kampungan atau tidak bisa mengikuti gaya busana.

Tapi yang sekarang terlihat menarik budaya hijab makin diterima di Indonesia dan kini bahkan muncul banyak desainer perancang-perancang mode baju muslim. Ada yang dulu perancang baju konvensional dan sekarang hijrah menjadi perancang hijab.
Efeknya adalah semakin banyak artis di negara kita yang juga ikut menggunakan baju dan busana muslim. Karena ngga ada lagi cibiran memakai hijab menjadikan penampilan menjadi kuno.

gamis modern

Bahkan kini fashion busana muslim sedang naik daun, contohnya ada digelarnya bermacam-macam pameran baju muslim secara rutin yang bernuansa islami dan modern seperti gamis-gamis modern bahkan banyak juga artis muda dan selebritis senior yang juga mengenakan hijab namun tetap terlihat sangat trendy.

Apa yang telah dipraktikkan oleh kalangan jetset dan selebritis itu kini menjadi inspirasi dikalangan muslimah di Indonesia. mengenakan hijab atau busana muslim sekarang tak perlu lagi malu atau kurang percaya diri lagi. Disamping mengenakan baju muslim sebuah hal yang wajib bagi setiap kaum muslimah. Kini memakai baju muslim yang tertutup pun tetap bisa tampil trendy dan menarik.

Sangat berbeda dengan jaman dulu, karena kini sudah semakin banyak desainer hijab di Indonesia.

Sehingga kini muncul banyak sekali varian hijab yang sesuai dengan trend, dan kemudian menjadi trend setter baju muslimah seperti yang terdapat di http://rumahgamiscantik.com/.
Bermacam model jilbab yang kerap dipakai antara lain adalah jilbab segiempat, gamis kelelawar, atau ada pula jilbab lengan yang praktis langsung dipakai. Banyaknya pilihan hijab tersebut semakin memudahkan muslimah ketika memilih busana apa yang paling sesuai dalam kesehariannya.

Indonesia juga kini menjadi negara penentu mode hijab bukan cuma terbatas dalam negeri saja tapi juga hingga keluar negeri dan manca negara. Karena sekarang sangat banyak perancang hijab Indonesia sehingga menghasilkan trend-trend fashion hijab yang selalu baru.

Kalau merujuk pada Dirjen Industri Kecil Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian, Euis Saidah, ada kisaran 20 juta rakyat Indonesia yang kini menggunakan hijab. Hal tersebut sangat sesuai dengan perkembangan industri baju muslim yang 7 persen setiap tahunnya. Oleh karena itu tak perlu heran kalau Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) bermimpi dapat mengembangkan iklim busana muslim Indonesia tak sebatas hanya di dalam negeri, akan tetapi bisa ke keluar negeri