Lebih Murah HP Oppo atau Huawei?

Harga yang murah merupakan salah satu alasan masyarakat dalam membeli produk yang ditawarkan disamping spesifikasi atau fitur yang melekat pada produk tersebut. Harga sejalan dengan fitur produk, dalam arti semakin mahal harganya berarti fitur yang disajikan semakin banyak dan canggih begitu juga sebaliknya.

Ada yang menarik ketika kita mengikuti perkembangan handphone saat ini. Persaingan semakin ketat walaupun sama-sama dibuat dalam satu made in yang sama. Telah kita ketahui bersama Huawei berasal dari Negara China, merajai hampir pasar alat telekomunikasi genggam. Tidak ketinggalan juga muncul handphone dengan merek Vivo, Oppo dan sederet nama merek lainnya. Merek-merek tersebut juga berasal dari negeri China.

Untuk diketahui bersama bahwa Huawei, Oppo, dan Vivo yang merupakan vendor dari China ini eksis di seluruh dunia dan masuk lima besar dunia dalam penjualan produknya. Huawei sendiri yang merupakan vendor dari handphone Huawei ini telah tiga kali berturut-turut menduduki peringkat ketiga dari tahun ke tahun.

Perbedaan Fitur dan Harga Murah

Kita mengenal hp Huawei murah dengan tipe Huawei P9 Lite. Tipe ini banyak di jual di Indonesia dan telah populer di pasaran. Biasanya ketika produk handphone muncul dan popular dengan fitur yang disuguhkan,maka akan bermunculan produk handphone terbaru dengan vendor berbeda. Secara riilnya ketika Huawei P9 Lite dikeluarkan tidak berselang lama muncul Oppo F1s.

Lantas bagaimana kita menyikapi hal ini? Tidak perlu ambil pusing karena hal tersebut biasa terjadi di pasaran handphone manapun. Kedua handphone dengan vendor yang berbeda tersebut memiliki keunggulan masing-masing. Jika dilihat dari nilai ekonomis harga jualnya, mungkin ada yang akan menjawab harga Huawei murah atau sebaliknya.

Persoalan fitur lantas menjadi jawaban kita dalam bersikap secara bijaksana. Kedua-duanya memiliki fitur yang hampir sama. Intinya sama-sama handphone dengan fungsi yang hampir sama yaitu selfie. Namun bukan hanya itu yang menjadi penilaian lanjutnya. Kedua produk tersebut sama-sama mempunyai pengguna fanatiknya sendiri. Lantas apa yang diunggulkan dari keduanya? Ada perbedaan yang mendasar dari kedua merek handphone ini.

  • Jaringan

Secara fitur yang disuguhkan, jaringan smartphone Oppo F1s lebih unggul dimana sistem slotnya adalah dedicated slot, sedangkan Huawei P9 Lite menggunakan system slot hybrid. Kedua-duanya memiliki keunggulan dual SIM.

Dalam sistem dedicated slot, penggunaan kedua SIM dan microsd dapat dipakai secara bersamaan tanpa menonaktifkan terlebih dahulu salah satu dari dua SIM yang telah terpasang. Berbeda dengan sistem yang menggunakan hybrid slot, dimana harus dinonaktifkan salah satu dari dua SIM yang terpasang.

  • Daya penyimpan

Jika kita melihat daya penyimpanan yang menjadi andalannya, jelas sekali bahwa Huawei dan Oppo mempunyai perbedaan kapasitas penyimpanan. Huawei P9 Lite berkapasitas 16 GB, sedangkan Oppo F1s sebanyak 32 GB. Kapasitas terbesar dalam penyimpanan dimiliki oleh Oppo F1s, sedangkan Huawei P9 Lite kapasitas penyimpanannya sebesar setengah nya Oppo F1s.

Media penyimpan atau dikenal dengan istilah memori ini menjadi hal yang penting didalam fitur smartphone. Kegunaan yang paling penting karena merupakan tempat menyimpan berbagai file, baik gambar maupun data-data lainnya.

  • Daya tahan baterai dan kamera

Ketika membicarakan fitur yang menyangkut baterai, terpikir dalam benak kita mengenai daya tahan pemakaian baterai itu sendiri. Handphone Huawei P9 Lite menggunakan jenis baterai Li-ion 3000 mAh, sedangkan Oppo F1s menggunakan baterai dari jenis Li-po 3075 mAh.

Baterai Li-on atau baterai lithium ion ini mempunyai daya tahan penggunaan baterai yang tidak bisa terlalu lama, berbeda dengan baterai Li-po ini. Dilihat dari harga baterainya, baterai Li-on sangat murah daripada baterai Li-po. Mengenai bobot baterai yang dikandungnya, baterai Li-po memiliki berat ringan daripada baterai Li-on, tetapi baterai Li-po sangat jarang didapatkan dipasaran.

Jelas bahwa keduanya memiliki fitur kamera yang berbeda. Huawei P9 Lite memiliki fitur  kamera autofocus dan kamera depan berukuran 8 megapixel, sedangkan Oppo F1s memiliki fitur kamera  phrase detection antifocus, kamera depan berukuran 16 megapixel dan screen flash. Kecepatan fokus dalam membidik sangat menentukan hasil foto dan ini dimiliki oleh Oppo F1s.

  • Layar dan desain produk

Layar sangat berpengaruh didalam penggunaan handphone. Jika kita berbicara mengenai layar, didalam benak kita akan timbul pertanyaan mengenai resolusi layar dan lebar layar. Layar Huawei P9 Lite memiliki lebar 5,2 inchi dengan resolusi layar berukuran 1080 x 1920 pixel, sedangkan Oppo F1s memiliki lebar 5,5 inchi dengan resolusi layar berukuran 720 x 1020 pixel. Disini jelas perbedaannya,

Berat Huawei P9 Lite lebih ringan dari Oppo F1s, dengan berat Huawei 147 gram sedangkan Oppo 160 gram. Hal ini berpengaruh dalam penampilan atau desain yang disajikan masing-masing vendor untuk menarik minat pembeli.

Kedua produk handphone ini mempunyai keamanan, yaitu adanya sensor fingerprint. Sensor fingerprint ini sangat diunggulkan oleh banyaknya smartphone dengan software berbasis OS Android. Fungsi dari sensor fingerprint ini adalah untuk memberikan keamanan ekstra di handphone yang berbasis OS Android.

Penggunaan sensor fingerprint ini sebenarnya mulai diterapkan pada tahun 2013. Dan saat ini mulai banyak digunakan untuk keamanan smartphone. Letak dari sensor fingerprint ini pun berbeda-beda. Untuk smartphone berbasis android, letak sensor fingerprint ini terletak di belakang desain yang berada dibawah kamera. Banyak juga vendor dari produk smartphone yang juga meletakkan  fingerprint ini didepan.

Bentuk sensor fingerprint ini berbeda-beda, tergantung dari produk smartphone yang dikeluarkan. Bentuk yang biasanya ditemui adalah lingkaran dan elips. Menurut sejarahnya, sensor fingerprint pertama kali digunakan oleh produk handphone Motorola.

  • Perangkat lunak

Dilihat dari perangkat lunak yang diproduksi, Huawei P9 Lite menggunakan perangkat lunak atau software OS Android Marsmallow, sedangkan Oppo F1s menggunakan QS Android Lollipop. Perlu diketahui bahwa OS Android Marsmallow merupakan software OS android yang baru.

Dilihat dari sudut RAM Manager penggunaan software OS Android Marsmallow ini mempunyai keunggulan, dimana setiap penggunaan aplikasi menyediakan informasi mengenai rata-rata penggunaan sampai batas maksimal penggunaan. Tentu ini berbeda dengan software berbasis OS Android Lollipop ini yang hanya menyediakan informasi rata-rata penggunaannya saja.

Perbedaan diatas memberikan penilaian ketika hendak membeli suatu produk terkhusus handphone. Setiap produk pasti memberikan keunggulannya masing-masing. Anda perlu untuk membandingkan handphone yang akan dibeli dengan handphone merek lain dari vendor lain. Keduanya memiliki keunggulan yang sama yakni support dengan USB OTG.

Kedua handphone yang  diklaim memiliki fitur yang hampir sama kenyataannya memiliki perbedaan. Harga sesuai dengan fitur yang ditawarkan. Huawei P9 Lite diatas menekankan cara kerja prosessor dan OS Android yang baru, sedangkan Oppo F1s menekankan kamera yang lebih baik dengan ukuran yang lebih lebar. Murah manakah? Huawei murah atau Oppo?