keutamaan sedekah

 

Dikisahkan, saat Nabi Ayub AS tengah mandi mendadak Allah SWT menghadirkan seekor belalang emas serta hinggap di lengannya. Baginda menepis-nepis lengan pakaiannya supaya belalang jatuh. Lalu Allah SWT berfirman, ”Bukankah Saya kerjakan demikian agar anda jadi lebih kaya? ” Nabi Ayub AS menjawab, ”Ya benar, wahai Sang Pencipta! Untuk keagungan-Mu apalah arti kekayaan tanpa ada keberkahan-Mu. ”

Cerita diatas menyatakan begitu perlunya keberkahan dalam rejeki yang dikurniakan oleh Allah SWT. Kekayaan akan tidak membawa makna tidak ada keberkahan. sedekah online Dengan terdapatnya keberkahan, harta serta rejeki yang sedikit juga akan dapat terasakan memenuhi. Demikian sebaliknya, tanpa ada keberkahan rejeki yang walau banyak juga akan terasakan sempit serta menyusahkan.

Supaya rejeki yang Allah SWT beri pada kita jadi barokah, Rasulullah SAW menyarankan pada umatnya untuk perbanyak sedekah. Kata Rasulullah SAW, ”Belilah semuanya kesulitanmu dengan sedekah. ” Dalam hadis beda, Rasulullah SAW menerangkan, ”Setiap awal pagi, semasa terbit matahari, ada dua malaikat menyeru pada manusia di bumi. Yang satu menyeru, ‘Ya Tuhanku, karuniakanlah? ubah pada orang yang membelanjakan hartanya kerena Allah’. Yang satu sekali lagi menyeru, ‘Musnahkanlah orang yang menahan hartanya’. ”

Sedekah meskipun kecil namun sangat bernilai di bagian Allah SWT. Orang yang bakhil serta kikir dengan tidak menyedekahkan beberapa hartanya juga akan tidak untung didunia serta akhirat karna tak ada keberkahan. Jadi, sejatinya orang yang bersedekah yaitu untuk kebutuhan dianya. Sebab, menginfakkan (belanjakan) harta juga akan peroleh barokah, serta demikian sebaliknya menahannya yaitu celaka.

Sedekah mempunyai sebagian keutamaan untuk orang yang mengamalkannya. Pertama, mengundang datangnya rejeki. Allah SWT berfirman dalam satu diantara ayat Alquran kalau Dia juga akan membalas tiap-tiap kebaikan hamba-hamba-Nya dengan 10 kebaikan. Bahkan juga, di ayat yang beda dinyatakan 700 kebaikan. Khalifah Ali bin Abi Thalib menyebutkan, ”Pancinglah rejeki dengan sedekah. ” Ke-2, sedekah bisa menampik bala. Rasulullah SAW bersabda, ”Bersegeralah bersedekah, sebab yang namanya bala tidak sempat dapat mendahului sedekah. ”

Ke-3, sedekah bisa mengobati penyakit. Rasulullah SAW menyarankan, ”Obatilah penyakitmu dengan sedekah. ” Ke-4, sedekah bisa tunda kematian serta perpanjang usia. Kata Rasulullah SAW, ”Perbanyaklah sedekah. Sebab, sedekah dapat memanjangkan usia. ”

Kenapa semuanya dapat berlangsung? Sebab, Allah SWT menyukai beberapa orang yang bersedekah. Bila Allah SWT telah menyukai seseorang hambanya, jadi tak ada masalah yg tidak dapat dikerjakan, tak ada keinginan serta doa yang Allah tidak kabulkan, dan tak ada dosa yang Allah tidak ampuni, serta hamba itu juga akan wafat dunia dalam kondisi husnul khatimah (baik).

Kemampuan serta kekuasaan Allah jauh semakin besar dari masalah yang dihadapi manusia. Lantas, bila faedah sedekah demikian dahsyatnya, masihkah kita belum tergerak untuk menyukai sedekah? Wallahu a’lam bis-shawab.