Keutamaan Sedekah Dalam Islam serta Faedahnya

 

Sedekah adalah tingkah laku terpuji yang begitu disenangi oleh Allah SWT serta begitu disarankan untuk kita yang memiliki rezeki lebih. Harta yang kita punyai beberapanya yaitu hak beberapa orang yg tidak dapat, jadi kita mesti keluarkan hak mereka supaya harta kita jadi bersih. Karna dengan bersedekah juga akan bersihkan harta-harta kita. Rasulullan Saw telah mengajarkan pada umat-umatnya untuk memprioritaskan bersedekah. Sedekah juga akan buat tidak mati jadi barokah. Allah juga berjanji kalau bersedekah tidak buat kita jadi miskin.

Malah Allah juga akan melipat gandakan harta yang telah kita sedekahkan. Pada artikel kesempatan ini juga akan mengulas tentang sedekah dalam islam. Untuk ketahuinya lebih dalam sekali lagi, yuk kita simak bersama!

1. Bersedakah Adalah Keharusan Semuanya Umat Muslim Terutama Untuk Mereka Yang Dapat

Perintah tentang sedekah telah diterangkan dalam Al-Qur’an seperti berikut :

“Menghadapkan wajahmu ke arah timur atau barat itu tidaklah satu kesempurnaan, tapi sebenarnya yang prima yaitu orang yang beriman pada Allah serta pada Nabi-Nya, dan memberikanharta yang disayanginya pada kerabatnya, anak yatim, orang miskin, ibnu sabil, orang yang memohon-minta serta membebaskan hamba sahaya, serta membangun shalat dan menunaikan zakat. ” (QS. Al-Baqarah : 177)

“Dan berilah infak di jalan Allah serta jangan sampai engkau menjatuhkan dirimu kedalam kebinasaan, serta melakukan perbuatan baiklah karna sebenarnya Allah suka pada orang yang melakukan perbuatan baik. ” (QS. Al-Baqarah : 195)

“Siapakah yang ingin berikan utang pada Allah, utang yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), jadi Allah juga akan meperlipat gandakan pembayaran padanya dengan lipat ganda yang banyak. sedekah online Serta Allah menyempitkan serta melapangkan (rejeki) serta kepada-Nya-lah anda dikembalikan. ” (QS. Al-Baqarah : 245)

“Wahai orang yang beriman, berinfaklah anda atas beberapa rizki yang sudah Kami beri padamu sebelumnya datang hari yang tak ada jual beli sekali lagi serta tak ada sekali lagi persahabatan dan syafa’at terkecuali atas izin Allah. ” (QS. Al-Baqarah : 254) 2. Bersedekah Buat Harta Kita Jadi Lebih Barokah

2 Dengan lakukan sedekah disertai dengan hai yang ikhlas, juga akan buat harta kita jadi lebih barokah. Janganlah takut miskin karna bersedekah. Malah Allah menjanjikan pada beberapa umatnya balasan yang lebih atas sedekah yang mereka mengeluarkan. Hal semacam ini diterangkan dalam Al-Qur’an seperti berikut :

“Perumpamaan (nafkah yang di keluarkan oleh) beberapa orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah yaitu sama dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada masing-masing bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) untuk siapa yang Dia kehendaki. Serta Allah Maha Luas (karunia-Nya) sekali lagi Maha Ketahui. ” (QS. Al-Baqarah : 261)

“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, lalu mereka tidak menemani apa yang dinafkahkannya itu dengan mengatakan-nyebut pemberiannya serta dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka peroleh pahala di bagian Tuhan mereka. Tak ada kecemasan pada mereka serta tidak (juga) mereka bersedih hati. ” (QS. Al-Baqarah : 262)
3 Bersedekah Mengajarkan Pada Kita Pada Banyak Kebaikan
Bersedekah sama berarti kita melakukan perbuatan kebaikan dengan buat mereka-mereka golongan fakir jadi tersenyum bahagia atas rezki yang kami berikan itu. Diluar itu bersedekah mengajarkan pada kita perlunya memiliki jiwa sosial yang tinggi.
“Jika anda memperlihatkan sedekah (mu), jadi itu yaitu sangat baik. Apabila anda sembunyikannya serta anda beri pada beberapa orang fakir, jadi sembunyikan itu tambah baik bagimu. Serta Allah juga akan menghapuskan dari anda beberapa beberapa kekeliruanmu ; serta Allah ketahui apa yang anda lakukan. ” (QS. Al-Baqarah : 271)

“Bukanlah kewajibanmu jadikan mereka memperoleh panduan, walau demikian Allah-lah yang berikan panduan (berikan taufiq) siapa yang diinginkan-Nya. Serta apa sajakah harta yang baik yang anda nafkahkan (di jalan allah), jadi pahalanya itu buat kamu sendiri. Serta jangan sampai anda membelanjakan suatu hal tetapi karna mencari keridhaan Allah. Serta apa sajakah harta yang baik yang anda nafkahkan, pasti anda juga akan di beri pahalanya dengan cukup tengah anda sedikitpun akan tidak dianiaya (dirugikan). ” (QS. Al-Baqarah : 272)

“ (Berinfaqlah) pada beberapa orang fakir yang terikat (oleh jihad) di jalan Allah ; mereka tidak bisa (berupaya) di bumi ; orang yang tidak paham menganggap mereka orang kaya karna pelihara diri dari minta-minta. Anda kenal mereka dengan lihat sifat-sifatnya, mereka tidak memohon pada orang dengan menekan. Serta apa sajakah harta yang baik yang anda nafkahkan (di jalan Allah), jadi sebenarnya Allah Maha Mengatahui. ” (QS. Al-Baqarah : 273)

“Orang-orang yang menafkahkan hartanya pada malam serta di siang hari dengan tersembunyi serta terang-terangan, jadi mereka memperoleh pahala di bagian Tuhannya. Tak ada kecemasan pada mereka serta tidak (juga) mereka bersedih hati. ” (QS. Al-Baqarah : 274)

“Allah memusnahkan riba serta menyuburkan sedekah. Serta Allah tidak suka pada tiap-tiap orang yang tetaplah dalam kekafiran, serta senantiasa melakukan perbuatan dosa. ” (QS. Al-Baqarah : 276)

“Dan bila (orang yang berhutang itu) dalam kesukaran, jadi berilah kuat hingga dia berkelapangan. Serta menyedekahkan (beberapa atau semuanya utang) itu, tambah baik bagimu, bila anda ketahui. ” (QS. Al-Baqarah : 280)

“Dan jika pada saat pembagian itu ada kerabat, anak yatim serta orang miskin, jadi berilah mereka dari harta itu (seadanya) serta ucapkanlah pada mereka pengucapan yang baik. ” (QS. An Nisaa’ : 8)

“Apakah kemudharatannya untuk mereka, bila mereka beriman pada Allah serta hari lalu serta menafkahkan sebahagian rejeki yang sudah diberi Allah pada mereka? Serta yaitu Allah Maha Ketahui kondisi mereka. ” (QS. An Nisaa’ : 39)