Kerusakan yang Diakibatkan Rayap

Sebagai seorang manusia, mungkin rayap lebih merugikan apabila ia berada di dalam rumah. Bagaimana tidak, seringkali rayap memakan segala jenis perabotan yang mengandung selulosa. Misalnya saja pada perabotan yang berbahan kayu, karena memang kayu ini memiliki kandungan selulosa yang cukup sebagai asupan makanan rayap.

Kerusakan yang Diakibatkan Rayap

Tak hanya perabotan yang berasal dari kayu, kadang kala rayap juga bersedia memakan turunan-turunan kayu. Seperti misalnya pada kertas ataupun yang lainnya. Lantas, apa sajakah kerusakan yang diakibatkan rayap lainnya? Nah, untuk mengetahuinya simak ulasan berikut ini mengenai kerusakan yang diakibatkan rayap.

Salah satu kerusakan yang diakibatkan rayap yaitu kerusakan pada rangka atap bangunan. Sedikit berbahaya memang, karena umumnya atap yang terbuat dari kayu, maka rayap mudah untuk menyerangnya. Sedangkan atapnya sendiri rayap tidak akan menyerangnya karena umumnya atap tidak terbuat dari kayu ataupun bahan yang memiliki kandungan selulosa.

Bagian rangka atap bangunan yang biasa diserang rayap yaitu pada kuda-kudanya. Terutama pada bagian balok penggantung, balok datar ataupun kaki kuda-kuda itu sendiri. Sehingga tentu peran rayap dalam menguraikan rangka atap bangunan ini sangat merugikan manusia, karena bisa saja atap goyah dalam beberapa hari ke depannya.

Kerusakan yang diakibatkan rayap selanjutnya yaitu kerusakan pada rangka plafon. Walaupun telah ditutup plafon tetapi umumnya rayap juga mampu menyerang rangka plafon tersebut, karena biasanya penggunaan rangka ini berbahan dasar kayu. Bahayanya apabila rangka tersebut sudah lama didiami rayap, maka bisa saja rangka tersebut ambruk sehingga plafon pun ikut rusak dan tentu akan membahayakan semua penghuni rumah.

Kerusakan yang diakibatkan rayap lainnya yaitu kerusakan pada panel kayu dinding. Mungkin tak semua rumah memiliki panel kayu. Namun panel kayu ini memang sangat menciptakan kesan elegan dan indah. Akan tetapi bagian dinding dan panelnya seringkali lembab sehingga rawan akan serangan rayap.

Lembabnya antara panel kayu dan dinding ini tentu membuat rayap lebih tertarik. Dengan begitu kerugian pun akan lebih tinggi. Hal ini dikarenakan memang harga panel kayu untuk dinding tidaklah murah sehingga sangat sayang apabila Anda tidak merawatnya supaya bebas dari serangan rayap.

Kerusakan yang diakibatkan rayap selanjutnya yaitu pada perabotan rumah. Seperti saja pada lemari, meja, kursi, jendela, pintu atau peralatan apapun yang terbuat dari bahan kayu. Namun pada umumnya rayap lebih suka menyerang pada lemari. Hal ini dikarenakan lemari menempel langsung di dinding sehingga akan menambah kelembaban di dalamnya.

Dengan begitu serangan rayap pada perabotan ini pun akan lebih parah, karena biasanya barang-barang di dalamnya pun ikut diserang. Seperti misalnya buku, kertas ataupun yang lainnya.

Untuk penyedia pembasmi rayap bisa Anda gunakan ini : http://www.spesialisantirayap.com/