Cara Mengurangi Gejala dan Menghilangkan Benjolan Ambeien Pada Ibu Hamil

Ambeien atau wasir bisa terjadi pada siapa saja baik pria maupun wanita. Namun risiko ambeien pada ibu hamil lebih besar daripada wanita yang tidak hamil. Untuk mengantisipasinya maka informasi mengenai cara menghilangkan benjolan ambeien pada ibu hamil penting diketahui.

Ambeien pada ibu hamil

Ambeien merupakan kondisi medis dimana pembuluh darah vena yang ada di area rektum dan anus mengalami pembengkakan. Gejala ambeien biasanya berupa rasa gatal di anus, nyeri di anus apalagi jika duduk, dan ada darah segar di tinja. Ibu hamil berisiko tinggi mengalami ambeien karena beberapa sebab.

· Saat usia kandungan semakin tua dan ukuran rahim semakin membesar, rahim akan mendesak pembuluh darah vena yang berada di area pelvis serta pembuluh darah vena cava inferior (pembuluh darah besar yang menerima darah dari tubuh bagian bawah dan kemudian mengangkutnya ke jantung). Kondisi ini mengakibatkan aliran darah melambat yang selanjutnya mengakibatkan terjadinya peningkatan tekanan pada pembuluh darah vena yang ada di rektum dan di sekitar anus. Tekanan yang tinggi menyebabkan pembuluh darah menjadi membesar dan terjadilah ambeien atau hemorrhoid atau wasir.

· Ibu hamil sering kali mengalami konstipasi atau sembelit. Reaksi otomatis ketika buang air besar pada orang yang mengalami konstipasi adalah mengejan dengan keras. Usaha mengejan yang terlalu keras ini akan meningkatkan tekanan pada area rektum yang kemudian berlanjut menjadi ambeien.

· Tingginya kadar hormon progesterone pada ibu hamil juga berpengaruh pada risiko terjadinya ambeien. Hormon progesterone dapat mengurangi ketegangan pada pembuluh darah. Tingginya kadar hormon progesterone pada ibu hamil menyebabkan dinding pada pembuluh darah jadi gampang membesar sehingga ambeien gampang terjadi. Hormon progesterone juga bisa mempengaruhi sistem pencernaan yaitu menyebabkan terjadinya konstipasi.

Cara menghilangkan benjolan ambeien pada ibu hamil

Pembuluh darah yang bengkak terjadi di dalam rektum dan anus. Tapi pembuluh darah ini bisa saja ikut keluar anus bersama feses mengakibatkan benjolan ambeien pada anus. Benjolan ambeien ini sering kali menyebabkan nyeri terutama saat duduk. Itu sebabnya fokus utama dari treatment ambeien adalah bagaimana menghilangkan benjolan ambeien.

· Kompres dingin.

Bungkus beberapa es batu dengan handuk bersih lalu gunakan untuk mengompres benjolan ambeien di anus. Es batu dapat mengonstriksi atau mengerutkan pembuluh darah yang membengkak penyebab benjolan ambeien. Rasa dingin dari es batu juga dapat mematikan rasa nyeri akibat ambeien. Lakukan kompres dingin beberapa kali dalam sehari supaya benjolan cepat berkurang.

· Terapi sitz bath.

Sitz bath itu semacam baskom plastik yang diisi air hangat lalu dipasang masuk ke dalam dudukan toilet. Jadi penderita ambeien bisa merendam bagian pantatnya dalam air hangat sembari duduk di toilet. Air hangat akan membantu merilekskan tubuh serta mengurangi rasa nyeri. Lakukan terapi sitz bath selama 10-15 menit sebanyak 1-2 kali sehari. Selain untuk penderita ambeien, terapi sitz bath ini juga bermanfaat bagi penderita anal fissura, infeksi saluran kemih, prostrat, infeksi vaginal, radang di sistem pencernaan, kram menstruasi, ibu hamil yang mengalami kram di rahim dan pasien yang baru menjalani operasi rektal.

· Berendam air hangat.

Jika ibu hamil tidak memiliki baskom sitz bath, ibu hamil bisa berendam di bath tub yang berisikan air hangat selama 10-15 menit. Tapi kebanyakan ibu hamil lebih menyukai sitz bath dengan alasan saat kandungan sudah besar ibu hamil jadi kesusahan bangun dari posisi berbaring di bath tub.

· Salep atau krim ambeien.

Benjolan ambeien sering kali menyebabkan rasa sakit di bagian anus. Untuk mengobatinya, ibu hamil bisa menggunakan obat ambeien yang mengandung kortikosteroid yang dioleskan pada benjolan ambeien. Kandungan kortikosteroid dapat mengurangi pembengkakan serta menghilangkan nyeri. Selain salep dengan kandungan kortikosteroid, salep dengan kandungan lidocaine juga berguna untuk menghilangkan nyeri. Hentikan pemakaian jika lewat satu minggu ibu tidak merasakan adanya perubahan karena salep ini bisa saja memperparah pembengkakan ambeien. Konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum menggunakan salep atau krim ambeien.

· Obat konstipasi.

Konstipasi dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah rektum atau anus yang berakibat benjolan ambeien akan semakin parah. Mintalah resep pada dokter Anda obat konstipasi yang tidak berbahaya bagi janin yang dikandung.

· Mengurangi rasa gatal

Salah satu gejala ambeien adalah rasa gatal pada anus. Menggaruk bagian yang gatal ini akan semakin memperbesar benjolan ambeien belum lagi menyebabkan benjolan ambien jadi iritasi dan berdarah. Gunakan pakaian dalam yang terbuat dari katun. Bahan katun mudah menyerap keringat dan lembut di kulit sehingga tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Susunan serat pada bahan katun longgar sehingga memungkinkan kulit untuk bernafas dan mempercepat proses penyembuhan.

Hindari penggunaan tisu kering dan tisu wangi untuk membersihkan area anus. Tisu kering dapat mengiritasi benjolan ambien begitu juga dengan kandungan kimiawi dalam tisu wangi. Gunakan tisu basah tanpa aroma jika Anda harus menggunakan tisu untuk membersihkan anus. Selalu jaga kebersihan area anus dengan membersihkannya dengan air hangat saat mandi untuk mencegah infeksi dan mencegah benjolan ambien semakin parah.

· Gunakan bantal donat

Duduk atau berdiri terlalu lama dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah rektal. Pastikan Anda beristirahat sejenak dengan berjalan-jalan sebentar setelah duduk lama atau duduk sebentar setelah berdiri lama. Untuk mengurangi nyeri dan mencegah benjolan semakin parah, gunakan bantal donat untuk duduk agar area anus tidak tertekan langsung dengan permukaan kursi.

· Berbaring miring menghadap ke kiri

Posisi miring menghadap ke kiri ini dapat memperlancar aliran darah di bagian tubuh bawah dan memperkecil kemungkinan terjadi peningkatan tekanan pada pembuluh darah rektum.

Jika setelah menerapkan cara menghilangkan benjolan ambeien pada ibu hamil di atas masih ada perdarahan di benjolan bahkan sampai menimbulkan pusing, Anda wajib periksa ke dokter agar dokter bisa memberikan solusi tindakan medis lain yang lebih efektif mengatasi benjolan ambeien.